Kehamilan minggu ke 26

Udah pertengahan minggu di kehamilan usia 26 minggu ini nih…kakak udah tambah pinter nih di dalam, dah bisa diajakin maen dan ngerespon kalo diajakin bunda atau ayah ngobrol *yah..itu siy anggapan kita berdua aja..tapi semoga aja bener ya kak…* kalo dulu ayah suka naruh tangannya di perut bunda, kadang si kakak malah diem aja, tapi giliran tangannya bunda yang ditaruh di perut, eh si kakaknya jedut-jedutan..hihihi…makanya ayah sering bilang “si kakak malu nih sama ayah”…ato “kakaknya lagi sombong nih…” tapi sekarang kakaknya udah temenan sama ayah…tangannya ayah ditaruh di perut, ga lama kakaknya nendang-nendang atau gerak-geraka ganti posisi…lucu banget deh kalo si kakak lagi gerak or nendang gitu…berasa lagi maen2 bareng ayah bunda aja…nak..nak..di dalam aja kamu dah ngegemesin ya…apalagi kalo dah keluar…dududu..jadi pengen liat anaknya ayah bunda ni… :D

Karena rahim bunda juga udah makin sempit untuk ukuran kakak yang tambah besar, jadi sekarang sering terlihat benjolan-benjolan diperutnya bunda :P terkadang perutnya mbelendung ke kanan, lucu banget bentuknya…keknya itu karena kepalanya kakak lagi di kanan deh..trus setelah dielus-elus bunda biasanya kakak ganti posisi, normal lagi deh perutnya…hihihi…kadang juga benjolannya di sebelah kiri…dan itu berasa banget deh…tiba2 bentuk perut jadi miring dan di salah satu bagian mengeras, lebih keras dibandingkan sisi lainnya :D

Oia, menurut info dari infobunda, di mingu ke 26 ini bunda mulai merasakan sakit pada bagian punggung. (hmm..ini mah udah dari minggu2 kemaren yah…hehe) Sakit ini bisa berupa pegal-pegal. Hal ini dikarenakan dengan membesarnya perut bunda maka secara refleksi menyebabkan pundak bunda tertarik kearah belakang untuk menahan beban depan tubuh bunda dan bertumpu pada bagian belakang tubuh bunda.

Untuk mengurangi keluhan sakit pada bagian punggung maka disarankan untuk mengurangi penggunaan sepatu dengan hak tinggi, tetap memperhatikan peningkatan berat badan sesuai standar, karena kalau berat badan bertambah secara berlebihan maka akan menyebabkan semakin berat beban punggung bunda, memperhatikan posisi tubuh yang baik dengan menegakkan tubuh bunda selain itu bunda juga harus memperhatikan sikap apabila bunda akan mengambil barang hindari membungkuk, jadi kalo mau mengambil sesuatu bunda harus duduk berlutut, untuk menghindari punggungnya sakit. Hindari berdiri, duduk dan berjalan dengan waktu yang lama

di minggu ke 26 kakak udah bisa mengedipkan matanya loh…selain itu retina matanya telah mulai terbentuk. Aktifitas otaknya yang berkaitan dengan pendengarannya dan pengelihatannya sudah berfungsi, mungkin bunda dapat memulai memperdengarkan lagu yang ringan dan mencoba untuk memberi cahaya lebih disekitar perut, mungkin bunda akan merasakan anggukan kepala si kecil :) lucu yah ngebayanginnya…kalo bunda siy pernah mendengarkan kepada kakak lagu klasik, tapi koq bunda lebih prefer mendengarkan murottal ya ke kakak..semoga kakaknya bisa menjadi anak sholeh/sholehah ya..karena udah diperdengarkan ayat-ayat suci smenjak dari dalam perut…dan biasanya si kakak suka gerak-gerak koq kalo didengerin murottal… :)

Minggu ke 26 kehamilan berat badan kakak mencapai 910 gram, sedangkan tingginya 35-38 cm (tapi kalo menurut panduan kesehatan tingginya baru sekitar 23cm, hmm..mana yang bener nih??

About these ads

One thought on “Kehamilan minggu ke 26

  1. nies pa kabar?alhamdulillah kamu dah hamil gede yah?aku baru aktif blogging lagi nih, jadi kangen pgn maen kesini he.he slmt y nies ^^ btw aku dah nikah bln juni kmrn.alhamdulillah lagi hamil juga baru 6 minggu…saling doain ya :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s