Tentang Hypnobirthing

Sebenarnya dari sebelum hamil udah tau sedikit2 tentang hypnobirthing, dan pas hamil berencana untuk membeli buku “Melahirkan Tanpa Rasa Sakit” karangan Lanny Kuswandi, tapi koq ya kelupaan sampe sekarang, dan baru inget lagi tentang hypnobirthing ini setelah ada salah satu pertanyaan temen di fb ttg kelas hypnobirthing…haduh…haduh…awal bulan harus bergegas ke toko buku nih buat beli buku ini dan dipraktekkan !!! kalo dari artikel dan pengalaman ibu hamil yang aku baca siy, sebenarnya dengan membaca buku dan CD yang terdapat di dalam buku insyaAllah udah cukup koq untuk mempraktekkan hypnobirthing, ga harus ikut kelasnya, tapi kalo memang masih merasa kurang ya ga ada salahnya juga toh mengikuti kelas-kelas hypnobirthing.

Eits..ini cerita ttg hypnobirthing, tapi apaan siy itu ??

Hypnobirthing adalah suatu teknik yang memungkinkan ibu hamil untuk melahirkan tanpa disertai rasa sakit yang biasa nya mendera para ibu yang akan melahirkan. Di Indonesia, teknik ini dipopulerkan oleh Lanny Kuswandi. Inti dari teknik ini adalah bagaimana ibu berusaha mengubah mindsetnya sendiri, bahwa melahirkan itu tidaklah sakit. Jadi, ibu akan diajari berbagai teknik pernafasan dan gerakan-gerakan hypnobirthing yang jika rajin dipraktekkan akan sangat bermanfaat ketika proses melahirkan nantinya.

Berikut ada beberapa pertanyaan tentang hypnobirthing dilengkapi dengan jawabannya, sumbernya dari webnya hypnobirthing

1. Apakah sebenarnya HypnoBirthing® ?

HypnoBirthing® merupakan suatu metode baru yang dikhususkan untuk wanita hamil dengan melakukan relaksasi mendalam, bertujuan untuk mempersiapkan proses kelahiran normal yang lancar,nyaman dengan rasa sakit yang minimum.

2. Mengapa saya harus melatih HypnoBirthing® ?

Latihan HypnoBirthing® akan banyak memberikan manfaat karena melatih ibu hamil untuk selalu rileks, bersikap tenang dan menstabilkan emosi. Hasil dari latihan ini bukan hanya dirasakan saat ibu sedang hamil, namun hingga setelah melahirkan dan dalam kehidupan sehari-hari. Ketenangan ibu dan kemampuan ibu untuk mengendalikan emosi akan berdampak positif pada orang – orang di sekitarnya.

3. Apa yang sebenarnya  saya lakukan saat melatih HypnoBirthing® ?

Anda akan diajarkan untuk menenangkan pikiran dengan cara fokus dan konsentrasi. Anda juga akan diajarkan cara pernapasan yang tepat untuk mencapai kondisi rileks dan menyehatkan tubuh, diikuti dengan self-hypnosis dengan kalimat afirmasi dan sugesti untuk mencapai kelahiran yang sehat, nyaman dan lancar.

4. Kapan sebaiknya saya memulai latihan HypnoBirthing® ?

HypnoBIrthing® dapat dilakukan dari sejak awal masa kehamilan, paling tepat adalah pada trimester pertama. Latihan relaksasi akan berdampak positif bagi janin dan kestabilan emosi ibu. Ibu hamil mengalami perubahan hormonal yang sangat drastis sehingga dengan HypnoBirthing®, efek perubahan hormonal akan terkontrol baik secara emosi maupun fisik seperti mual muntah di trimester pertama.

5. Saya sudah memasuki trimester ketiga masa hamil, apakah terlambat untuk mengikuti HypnoBirthing® ?

Walaupun HypnoBirthing® paling baik dimulai saat trimester pertama kehamilan, namun tidak menutup kemungkinan untuk melatih metoda ini di trimester akhir. Ibu tetap akan diajarkan untuk mencapai kondisi rileks seperti jika mengikuti latihan dari trimester pertama, namun mungkin waktu untuk melatih akan lebih singkat karena masa kelahiran telah dekat.

6 . Apakah benar saya dapat melahirkan tanpa sakit?

Benar. Rasa sakit akan muncul saat kontraksi persalinan. Jika ibu panik dan takut, otot akan menegang dan rasa sakit akan semakin parah. Rileks-nya otot rahim akan sangat mempengaruhi rasa sakit yang terjadi, terlebih pada tahap pembukaan akhir. Jika ibu berhasil melatih otot untuk tetap rileks, pikiran untuk tetap tenang, maka rasa sakit kontraksi akan sangat minim, bahkan tidak terasa. Keberhasilan mengontrol ini terprogram pada alam bawah sadar ibu, karena itu keberhasilan usaha menghilangkan rasa sakit akan berbeda pada setiap ibu.

7. Jika saya mempraktekkan HypnoBirthing®, apakah saya akan tertidur selama  proses persalinan?

Sama sekali tidak. Jika tidak menggunakan obat bius yang menyebabkan rasa kantuk, ibu akan 100% terjaga dan dapat menikmati setiap detik proses persalinan hingga kelahiran si buah hati.

8. Apakah latihan ini akan berpengaruh buruk terhadap janin saya?

Tidak. Justru sebaliknya, latihan ini akan berpengaruh positif terhadap janin karena ketenangan pikiran yang dirasakan ibu, akan ikut dirasakan janin. Ikatan batin ibu dan janin pun akan terasa lebih erat karena latihan HypnoBirthing® juga menyangkut adanya getaran gelombang pikiran ibu kepada janin.

9. Apa bedanya HypnoBirthing® dengan relaksasi?

Dasar yang digunakan adalah relaksasi. Namun pada HypnoBirthing®, ibu akan diajak untuk berkonsentrasi dalam memberikan sugesti dan memprogram alam bawah sadar sesuai dengan tujuan latihan tersebut. Untuk mencapai keberhasilan penanaman sugesti ini, dibutuhkan kondisi yang rileks dengan proses relaksasi.

10. Dapatkah saya melatihnya sendiri?

Tentu saja. Ibu hanya perlu mencari suasana yang nyaman dan cocok untuk melakukan relaksasi tanpa gangguan, lalu mulailah bernapas untuk rileks. Saat kondisi rileks telah dicapai, niatkan keinginan ibu dan konsentrasilah pada niat itu. Ibu dapat menggunakan musik relaksasi dan aromaterapi yang aman bagi janin, untuk melatih HypnoBirthing® sendiri.

11. Apakah HypnoBirthing® menggunakan semacam obat-obatan dalam latihannya?

Sama sekali tidak. Justru HypnoBirthing® bertujuan agar ibu dapat melahirkan dengan nyaman dan menghilangkan rasa sakit melahirkan tanpa bantuan obat bius apapun. HypnoBirthing® menekankan pada penanaman sugesti pada alam bawah sadar dimana semua ini tergantung pada niat ibu dan bukanlah obat.

12. Benarkah saya dapat berkomunikasi dengan janin menggunakan metode ini?

Benar. Tercapainya kondisi rileks akan membawa gelombang otak kita pada kondisi yang lebih tenang sehingga memungkinkan untuk berkomunikasi secara batin pada janin. Beberapa client telah membuktikan bahwa bayi dalam kandungan ternyata bisa diminta menendang atau beraktifitas sesuai keinginan ibu hanya dengan menggunakan bisikan batin.

13. Adakah  efek samping negatif dari HypnoBirthing® ini?

HypnoBirthing® tidak menggunakan ramuan ataupun obat-obatan dalam prakteknya, sehingga tidak memiliki efek samping negatif apapun.

14. Dimana  saya dapat mempelajari relaksasi HypnoBirthing® ?

Untuk informasi latihan relaksasi HypnoBirthing®, ibu dapat Ibu Lanny Kuswandi di Klinik ProV, Cempaka Putih. Atau untuk berkonsultasi mengenai metode ini pada dokter kandungan, dapat menghubungi dr.Boy Abidin SpOG di RS. Mitra Keluarga Kelapa Gading. Keterangan lebih lengkap mengenai Ibu Lanny Kuswandi dan dr.Boy Abidin SpOG dapat dilihat pada link info konsultasi.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s