Seberapa banyak bayi makan?

Nah, berhubung kakak dah mendekati masa MPASI jd bunda mulai berburu artikel seputar MPASI. Dan salah satu referensi bermanfaat adalah dari http://www.wholesomebabyfood.com Banyak artikel bermanfaat disini plus resep2 MPASI. Berikut bunda menyarikan dari site tersebut, artikel lengkapnya di http://www.wholesomebabyfood.com/howmuchbabyeat.htm

Bayi yang baru akan memulai MPASI (usia rekomendasi WHO adalah 6 bulan) biasanya makan tidak terlalu banyak di awal-awal MPASi, maklum saja, sebelumnya mereka hanya merasakan nikmatnya ASI dr sang ibu, jadi ketika mengenal rasa baru, tidak dapat diharapkan bahwa mereka akan langsung excited, reaksi masing2 bayi akan sangat berbeda, ada yang mengernyitkan dahi, mengeluarkan kembali makanan yg dimasukkan, atau malah ada yg suka *ini yg paling membuat ibu bahagia* Setengah sendok makan adalah porsi yang cukup untuk memulai MPASI, namun kuantitas pasti kembali lagi kepada masing-masing bayi, jumlah tersebut hanya estimasi. Setelah berangsur-angsur merasakan rasa2 baru, biasanya jumlah porsi MPASi pun akan bertambah, namun sekali lagi, tidak ada angka pasti untuk memberikan MPASi, semuanya kembali kepada bayi, dan ingat ya bun, seorang bayi memiliki karakteristik yg berbeda dg bayi lainnya, ada yang makannya banyak dan lahap, namun yg lain makannya hanya sedikit. Nothing’s wrong with that, karena dimasa2 awal sebelum usia 1 tahun, makanan utama bayi tetap dari ASI, lah wong namanya aja MP (makanan pendamping) ASI, jadi makanan tersebut bukanlah makanan pokok bayi. Banyak ibu yang salah mengira bahwa dengan dimulainya masa MPASI maka kebutuhan ASI akan berkurang, namun pada kenyataannya tidaklah demikian. Demand akan ASI masih akan sama *bahkan mungkin meningkat* seiring bertambahnya aktifitas bayi sehingga memerlukan banyak sumber energi yg didapatnya dari ASI dan MPASI.

Kembali lagi mengenai seberapa banyak bayi makan, lalu bagaimana kita tahu bahwa bayi kita makan dg cukup dan tidak kelaparan? menurut wholesomebabyfood hal ini dapat diketahui dari tanda-tanda yang diberikan oleh bayi untuk menjadi pedoman bagi ibu apakah bayi nya telah makan dengan cukup atau belum.

Tanda bahwa bayi masih ingin meneruskan makan (artinya bayi merasa belum cukup kenyang dg makanannya)

  • Membuka mulutnya
  • Memegangi sendoknya atau mendekati sendok apabila diarahkan padanya
  • mengambil makanan dg tangan dan berusaha memasukkan ke mulutnya

Sementara tanda bahwa bayi telah merasa cukup kenyang adalah:

  • Menutup mulut ketika makanan diarahkan padanya
  • Memutar kepalanya ketika sendok mendekat
  • Mengeluarkan makanan yang dimasukkan ke dalam mulutnya
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s