Buah, Sereal, atau Sayuran sebagai MPASI pertama

Dilema antara pemberian buah atau serealia/sayur sebagai menu pertama MPASI seringkali  menghantui ibu yang akan memulai pemberian MPASI terhadap bayinya. Tidak ada yang benar pun tak ada yang salah dengan keduanya, semuanya kembali kepada ibu, karena setiap bayi adalah unik dan hanya ibu lah yang paling tahu apa yang terbaik untuk bayinya. Sebagai gambaran, saya akan mencoba merangkum kelebihan dari keduanya.

1. Buah

Pihak yang berpendapat bahwa buah adalah makanan yang tepat untuk memulai pemberian MPASI berpedoman bahwa buah adalah salah satu sumber makanan yang mudah dicerna oleh pencernaan bayi yang masih belum terlalu kuat. Selain itu, buah memiliki rasa yang manis, sehingga diasumsikan dapat mendekati rasa ASI yang juga manis. Beberapa ahli yang mendukung pemberian buah sebagai MPASI pertama adalah konsultan gizi Wied Harry dalam bukunya “Variasi Makanan Sehat Bayi” dan dr. Jack Newman, seorang konselor laktasi internasional. Buah yang dianjurkan untuk awal MPASI adalah alpukat, namun bukan berarti buah2 yang lain kurang layak untuk awal MPASI, karena buah kaya akan vitamin dan serat. Buah-buahan yang dapat dikonsumsi secara langsung adalah pepaya, pisang, dan alpukat. Sementara buah2 yang lain di awal pemberian MPASI hendaknya dikukus atau direbus terlebih dahulu. Wholesomebabyfood juga merekomendasikan alpukat dan pisang sebagai first solid yang dapat diberikan untuk bayi berusia 6+ (disamping serealia yang juga direkomendasikan oleh situs ini).

2. Serealia/Sayuran

Pihak yang memberikan sereal dan sayuran sebagai permulaan MPASI berpedoman kepada pendapat bahwa sereal paling sedikit mengandung risiko alergi, sehingga pemberian sereal (tepung beras) lebih aman untuk pencernaan bayi yang masih belum terlalu kuat. Sementara untuk pemberian sayuran terlebih dahulu adalah untuk menghindari risiko bayi akan menolak untuk makan sayur dimasa datang, karena sayuran lebih langu dan kurang manis daripada buah. Namun, diawal2 MPASI sebenarnya sayuran yang dianjurkan juga termasuk sayuran yang tergolong “manis” seperti butternut squash,labu parang, ubi jalar, kabocha. Untuk sereal yang dapat diberikan diawal MPASI adalah beras putih, beras merah, atau beras cokelat (wholesomebabyfood menganjurkan beras cokelat). Milis MPASIrumahan, milis Asiforbaby, dan beberapa dsa termasuk yang mendukung pendapat ini.

Nah, setelah menyimak dengan seksama kedua poin tersebut, bunda akhirnya memutuskan untuk memberikan buah sebagai MPASI awal kakak, lebih sreg aja dengan pendapat pertama dari hasil browsing, membaca, dan bertapa (termasuk mengandalkan naluri keibuan). Selain itu, dalam food combining yang dulu sempat bunda ikuti aturannya, buah merupakan sumber makanan yang mudah dicerna oleh pencernaan manusia, sehingga buah harus dimakan terlebih dahulu sebelum makan makanan berat seperti karbohidrat atau protein. Sementara untuk sayur, karena seratnya yang tinggi jadi lebih sulit dicerna oleh saluran pencernaan. Atas dasar pertimbangan itulah dalam menu MPASI 6+ kakak akan lebih banyak unsur buah2annya, sekarang aja dah mulai dengan alpukat dan (insyaAllah) melon kukus dilanjut apel kukus. Tapi tetap akan dicombine juga koq nanti dengan tepung beras merah dan coklat serta labu parang, kabocha, ubi jalar, dll.

jadi, sekarang semuanya kembali kepada ibu yang bersangkutan hendak memilih buah ataukah sereal/sayuran untuk memulai MPASI nya. apapun pilihan ibu, kuncinya adalah kembali pada naluri keibuan anda….

Last..just enjoy the first MPASI moment, with any kind of solid you’ll choose… :D


tulisan ini dibuat berdasarkan sedikit pengetahuan yang dimiliki dari berbagai sumber, semoga bisa bermanfaat. Jikalau ada kesalahan informasi mohon dikoreksi :)

link terkait klik diblog milis MPASIrumahan

pic here

About these ads

8 thoughts on “Buah, Sereal, atau Sayuran sebagai MPASI pertama

  1. Assalamu’alaikum,

    Mba’ thanks a lot ya buat artikelnya. Berguna banget deh buat aku, secara ku jg memang lagi bingung antara kasih MPASI pertama bwt babyku itu buah atau cereal :D

    Jazakumullah ya ^^

  2. assalamu’alaikum…ega dah 6 bln tgl 16 kmrn…ega byk alerginya nih moms..jd bingung mau dikasih apa..wortel ma bayam katanya g boleh dulu ya..ega sih sukanya bubur nasi combine pear..masak mam gt doank…resep dong moms…

  3. halo mbak.. salam kenal, nama saya dewi, kurang lebih seminggu lagi anak saya akan memulai mpasinya, deg2an, dilema :p saya juga bingung antara serealia atau buah dulu, kalo rujukan WHO serealia dulu ya mbak? tapi saya lebih sreg buah dulu, mungkin karena lebih praktis ya, hihi.. *ibumalas sama nih, pilihannya, saya mau coba alpukat mentega.. waktu itu alpukatnya diapain mbak? dikerok terus parut atau gmn ya? terus harus campur asi ya? mohon petunjuknya… :) thanks ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s