American Risoles a.k.a. Risol Mayo

Di Pasar Modern BSD dan Bintaro ada toko penganan bernama Pastelia, yang jual macem-macem snack ringan (dan berat) dengan harga yang terjangkau (kalo cuma beli 1) :P favorit bunda adalah risol mayo dan siomay. Risol mayonya mantap n endang bambang gurindang pisan! makan satu selalu ga cukup :P

Nah, karena ga kuat kalo keseringan beli disana, plus penasaran juga dengan resepnya, akhirnya hari ini dibulatkan tekad untuk nyobain bikin Risol Mayo atau yang populer disebut American Risoles ini. Resepnya diperoleh dari NCC Indonesia dengan modifikasi mayonaisse hasil gugling.

yummy risol mayo

AMERICAN RISOLES

By NCC Indonesia (Bu Fat)

Bahan kulit:

  • 100 gr tepung terigu
  • 1 sdt  garam
  • 3 btr  telur
  • 250 ml susu cair
  • 1 sdm  mentega, lelehkan
  • margarine untuk olesan

Bahan isi :

  • 4 lbr   Smoked beef, potong kecil 1 x 3 cm
  • 100 gr  keju cheddar parut
  • 4 btr   telur rebus, potong kecil
  •  1 butir telur, kocok lepas.
  • 250 gr   tepung panir.
  • ½ Kg    minyak goreng
  • 6 sdm mayonaisse (hasil gugling)

Cara membuat kulit:

  1. Ayak  terigu,  taruh  dalam  mangkuk  bersama  garam. Buat lubang ditengah, pecahkan telur di dalamnya, aduk satu arah.
  2. Tambahkan  susu sedikit demi sedikit, hingga adonan menjadi licin dan halus.
  3. Tambahkan susu hingga habis, masukkan mentega leleh.
  4. Tutup adonan dengan plastik, diamkan 30 menit.
  5. Olesi  wajan  dadar  diameter  12  cm dengan margarine, panaskan.
  6. Tuangi 1 sendok adonan, ratakan sambil diputar, 2-3 menit, angkat.
  7. Hasil jadinya sekitar 14lembar kulit

Penyelesaian :

  1. Bentangkan kulit, isi dengan potongan smoked beef, potongan telur rebus, sedikit keju parut, lipat spt amplop. Sisihkan. Lakukan hingga kulit habis.
  2. Celupkan risoles isi kedalam telur kocok, lalu gulingkan dalam tepung panir.
  3. Simpan dalam lemari pendingin kira-kira 1 jam.
  4. Goreng hingga kuning kecoklatan

Sajikan dengan saus pedas, atau cabe rawit.

sluuurrp

About these ads

10 thoughts on “American Risoles a.k.a. Risol Mayo

  1. Akhirnyaaa tadi pagi jadi juga bikin ini :) Enaaakk… Dan karena bikin sendiri bisa nambahin smoked beef sama keju sesuka hati, nyam nyam. Tadi pagi karena buru2 udah ga didiemin tuh adonan kulitnya, pokoknya begitu jadi langsung goreng. Risolnya juga gitu, slese dipanir langsung goreng :D

    • horeee….emang nyummy banget ya mba…sluurrp..jd pengen bikin lagi :P oiya, kalo mau variasi n doyan pedes, mayonya bisa dicoba kasih saos sambel, aku pernah nyoba (beli) risol mayo yg dalemnya mayo-sambel n enyak,jd penasaran pgn nyobain juga

  2. Pingback: 12 days to go | Mouna & Wibisono

    • hmmm..bisa aja koq mba, cuman mungkin harga jualnya jd agak mahal krn menurutku biaya produksinya jg mahal, kl mau mungkin isiannya bisa dimodif biar harga jual bersaing :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s